Halaman

Jumat, 26 Oktober 2012

Kebahagiaan terdapat dalam Akhlak yang Baik

TJH 468*60
Language Line Services
LinkShare_125x125ButtonV2
Siapa saja yang berakhlak baik, niscaya ia akan menjadi orang yang selalu dicintai istrinya, anak-anaknya, kerabatnya, dan temannya. ia juga senantiasa akan dihormati.
         Adapun orang yang tidak memiliki santun, berperangai buruk, tidak bisa bersikap ramah, tidak disenangi istrinya, dibenci oleh pembantunya, dan juga anak-anaknya, dan keadaanya selalu dikeluhkan oleh keluarga dan tetangganya, maka pasti ia tidak akan pernah menjadi orang yang bahagia sekalipun ia memiliki jasmani yang sehat dan harta yang melimpah ruah. Bahkan ia hanya akan menjadi orang yang paling sengsara den netapa.
         Diantara adab pergaluan yang baik dan ciri akhlak terpuji adalah sebagai berikut;
         Dari Jabir bin Abdullah r.a dari Nabi saw., beliau bersabda, ''Setiap kebaikan itu adalah sedekah. Sesungguhnya termasuk kebaikan jika kamu bertemu saudaramu dengan wajah ceria dan memberikan sekucur air dari embermu ntuk saudaramu.'' (H.R. Tirmidzi).
         Rasulullah saw. menerangkan sifat orang mukmi dalam sabdanya, "orang mukmin adalah orang yang bisa bergaul. Tidak akan ada kebaikan apa pun  pada orang yang tidak bisa bergaul dan di jauhi orang lain." (HR.Ahmad).
        Umar bin Khatab r.a. berkata,"bertemu dengan saudara merupakan penghapus segala kesedihan.''
        ali bin Abi Thalib r.a. berkata kepada anaknya,''Orang asing itu adalah orang yang tidak memiliki sahabat yang mencintainya.'' Ia juga berkata,''Barangsiapa yang memiliki banyak kesedihan, pasti badannya akan terasa sakit, barangsiapa yang mimiliki perangai yang buruk, maka jiwanya akan terasa tersiksa , dan barangsiapa yang bermusuhan dengan orang lain, maka pasti kewibawaannya akan jatuh dan kehormatannya akan hilang. Keimanan seorang hamba paling utama adalah ketika ia tahu bahwa Allah selalu bersamanya dimanapun ia berada,''
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar