Halaman

Selasa, 23 Oktober 2012

Agar anda terbebas dari kesedihan

TJH 468*60
Language Line Services
LinkShare_125x125ButtonV2
Kesedihan adalah kondisi yang menimpa 1 dari 25 orang. Bahkan sebagian analisis menyebut bahwa satu dari lima orang pasti pernah ditimpa pengalam menyedihkan dalam hidupnya.

                Seseorang kadang mengalami perasaan tesebut ketika ia berhadapan dengan situasi-situasi keras atau ia merasa telah melakukan kesalahan tertentu dalam hidupnya. Maka pada saat itu,ia seperti tidak mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Karena itu,apabila Anda mengalami perasaan-perasaan semacam itu dan keadaan nya sangat kuat serta berlangsung dalam waktu yang cukup lama,hendaknya Anda mengalamu perasaan-perasaan semacam itu dan keadaan sangat kuat serta berlangsung dalam waktu yang cukup lama,hendaknya anda segera berkonsultasi ke psikiater dengan harapan bisa memberi Anda masukan terbaik dalam menghadapi berbagai tekanan jiwa dan berbagai macam permasalahan yang Anda hadapi.
                Barangkali,keadaan terburuk orang yang menderita frustasi adalah membawa dirinya untuk mengasingkan diri dari masyarakat. Padahal,mengasingkan diri ketika sedang merasakan kesedihan justru akan memperburuk perasaan;menjauhi orang-orang dan mengisolasi diri di rumah hanya akan terus menambah kesedihan. Hal yang lebih baik untuk dilakukan adalah mencurahkan segala kemampuannya dalam berbagai aktivitas positif yang akan menyibukkan pikirannya sebagai ganti dari duduk berjam-jam memikirkan kesedihan yang dialaminya.
                Ini tentang kesedihan-kesedihan yang datang secara tiba-tiba dalam kehidupan orang banyak.
                Adapun mengenal depresi,maka itu merupakan kondisi yang berbeda dari apa yang telah disebutkan sebelumnya. Jenis kesedihan seperti ini tidak akan terjadi karena kejadian atau pristiwa tertentu,namun merupakan kondisi sakit yang bisa saja terus terjadi ketika kehilangan orang yang dicintai, frustasi,atau setelah menghadapi situasi-situasi keras dalam hidupnya.
                Orang yang menderita depresi akan selalu merasakan kesedihan dan kepahitan yang sangat besar dalam hidupnya. Dari mulai menilai dirinya sampa mengingat-ingat pristiwa-pristiwa masa lalu sehingga si penderita tidak akan pernah ingat satu pun pristiwa yang membahagiakan. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam melihat masa depannya selalu mmenganggap dirinya tidak memiliki nilai,tidak memiliki cita-cita dan harapan,dan selalu dikalahkan oleh rasa putus asa terhadap segala sesuatu.
                Orang-orang yang menderita penyakit seperti ini harus mau mencari sebab-sebab tertentu yang terjadi dalam hidupnya yang membuat mereka seperti itu. Mungkin saja mereka bisa menemukan peristiwa-peristiwa tertentu yang bisa mereka kaitkan dengan awal mula terjadinya penyakit depresi tersebut.
                Orang yang depresi akan selalu merasa berdosa dan mencela diri mereka sendiri atas perkara kecil ataupun besar. Mereka selalu kehilangan kepercayaan diri dan merasa bahwa mereka tidak mampu bekerja dan memberi. Kondisi tersebut selalu dibarengi oleh pewasaan lelah dan penat yang luar biasa sehingga si penderita hampir merasa bahwa ia menderita penyakit fisik juga. Perasaan-perasaan itu semakin bertambah pada pagi hari.  Tidur dan makanpun tidak pernah merasa tenang. Sebagian mereka malah terkadang kehilangan nafsu makan. Si penderita juga selalu kehilangan keinginan dalam segala hal yang sebelunya ia senangi dan tidak pernah menemukan kenikmati dalam hal apapun.
                Depresi ini memiliki tingkat beragam. Ada yang rendah:si penderita masih bisa sedikit menjalani kehidupannya secara normal. Ada juga yang parah sekali:kadang-kadang ia kehilangan semangat hidupnya. Bahkan bisa jadi ia selalu di hatui oleh pikiran-pikiran untuk bunuh diri.
                Hal terpenting yang harus diketahui adalah bahwa depresi merupakan penyakit yang bisa disembuhkandan selalu ada harapan utnuk bisa sembuh sekalipun sesudah mencapai tingakt depresi yang sangat berat.
                Apabila seseorang mengalami depresi,bahwa obatnya itu tidak terlalu sulit. Ada banyak obat-obatan yang bisa mengatasi depresi. Obat-obat itu diberikan dengan cara mengatur gangguan yang terjadi dalam keseimbangan kimia untuk sebagian bahan di dalam otak. Gangguan kimia inilah yang menjadi penyebab di balik munculnya penyakit depresi tersebut. Barangkali mencoba untuk melakukan latihan-latihan olahraga yang intens bisa berguna untuk meminimalisasi depresi karena kekuatan otot bisa melepaskan sebagian bahan kimi yang terdapat dalam otak dan bisa memperbaiki karekter yang telah rusak.
                Persoalan depresi ini sering kali tidak dipahami oleh si penderita atau oleh keluarganya. Oleh karena itu,mereka kadang-kadang menuntuk penderita agar bangkit dar belenggu yang menyakitinya serta  memaksa untuk berbuat sesuatu untuk penyakit yang dideritanya. Harus ditegaskan bahwa penyakit depresi adalah penyakit fisik yang sama seperti penyakit lainnya. Hal demikian karena gangguan kimia pada sebagian perangkat yang ada didalam otak dan si pederita tidak pernah bersalah sedikitpun atas munculnya penyakit tersebut. Hendaknya pihak keluarga tidak terlalu banyak mencela penderita. Maka apa yang dirasakan oleh dipenderita berupa ketidakmampuan mengatasinya dan mengubahnya,padahal si penderita dalam hal ini tidak memilki kesalahan apapun.
                Iman yang kuat bisa mengatasi depresi. Dr.Frank Lobech,seorang ahli jiwa asal Jerman,mengatakan,’’kapan saja anda merasa akan kesendirian diri anda,maka ketahuilah bahwa Anda selamanya tidak pernah sendiri. Jika anda sedang berada di sisi jalan,berjalanlah dan Anda yakin bahwa Tuhan selalu bersama Anda.’’
                Seorang sastrawan Barat,ketika ia akan menghadapi tahun baru,mengatakan,’’Aku berkata kepada seseorang yang berdiri pada ujung tahun,’’Berilah aku cahaya yang bisa menerangiku dalam kegelapan’.Maka ia berkata,’Letakkanlah tangan Anda dalam genggaman Tuhan,niscaya Dia akan menunjukkan kepada Anda jalan yang lurus’’.
                Bagaimana mungkin bisa merasakan kesendirian yang selalu membaca Al-Quran,Milik Allahlah timur dan barat. Kemana saja kamu mengarah,maka disana pasti ada Allah. Sesungguhnya Allah Maha luas dan Maha Mengetahui.(Q.S Al-Baqarah). Dialah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari kemudian Dia bersemayam diatas singgasana-Nya, dia mengetahui apa yang masuk kedalam bumi dan apa yang keluar darinya. Dia juga mengetahui apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dia bersama kamu dimana saja kamu berada. Dan Allah Maha melihat atas aoa yang kamu lakukan.(Q.S.Al-Hadid,;57)
                Sesungguhnya ia tidak pernah merasakanapapun,kecuali yang dirasakan oleh Musa ketika ia berkata kepada Bani Israil,
                Sesungguhnya bersamaku ada Tuhanku yanga akan selalu memberiku petunjuk(QS.As-Syura,42:62). Dan apa yang dirasakan oleh Muhammad Saw.di dalam gua ketika ia berkata kepada sahabatnya,jangan bersedih,sesungguhnya allah sedang bersama kita,(Qs.At-Taubah,9:40)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar