Halaman

Rabu, 24 Oktober 2012

benda-benda najis

TJH 468*60
Language Line Services
LinkShare_125x125ButtonV2

Setiap benda hukumnya suci jika tidak ada dalil yang menyatakan benda-benda itu najis, benda najis adalah :
a. Bangkai binatang darat selain mayat manusia. bangkai binatang darat yang tidak berdarah sewaktu hidup. perumpamaan : belalang laut. ikan dan mayat manusia hukumnya suci. Al-Quran surat Al-Maidah ayat 3 : '' Diharamkan atas kamu bangkai ''. Menurut Mazhab Syafi'i : '' Bahagian bangkai ialah seperti ;daging, kulit, tulang, urat bulu dan lemaknya, semua ini najis . Dalil ayat Alquran diatas menurut Mazhab Hanafi adalah bagian tubuh pada suku-suku yang mengandung darah, seperti daging, kulit, bulu dan tulang semuanya suci. Tetapi suku yang berdarah termasuk najis. Alasannya adalah : Riwayat Jamaah Ahli Hadits : '' Sesungguhnya yang haram memakannya''. Pada riwayat lainnya yang haram adalah dagingnya.

b. darah, segala macam darah ialah najis, terkecuali limpa dan hati

Al-Quran surat Al-Maidah ayat 3:''Diharamkan atas kamu memakan bangkai, darah dan daging babi. ''Bangkai ikan,belalang dihalalkan, terkecuali darah yang ketinggalam di dalam daging hewan yang telah disembelih demikian juga darah ikan, kedua macam darah ini dibolehkan.

c. Nanah, segala macam nanah, baik yang kental maupun yang cair.

d. Segala benda cair yang keluar dari dua jalan, semuanya itu najis selain mani , baik daripada hewan yang halal dimakan ataupun tidak.

Hadits bukhari: '' Tatkala beliau diberi dua buah batu dan sebuah tahi keras untuk dipakai istinjak, beliau mengambil dua buah batu saja, sedangkan tahi tersebut beliau kembalikan dan berkata : tahi itu najis .''
Hadits bukhari : Ketika Al Arab buang air kecil dalam masjid, Rasul berkata: ''Tuanglah olehmu tempat buang air kecil itu dengan setimba air''.

e. Arak, arak ialah setiap minuman keras yang memabukkan. Alquran surat al-Maidah ayat 90: ''Sesungguhnya arak, judi, berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji, termasuk perbuatan setan.

f. Babi dan anjing. semua hewan suci kecuali babi dan anjing.
Hadits Muslim: '' Cara mencuci bejana seseorang dari kamu apabila dijilat anjing hendaklah dibasuh tujuh kali dengan air,yang pertama hendaklah dicampur dengan tanah. Untuk mencuci sesuatu ada tiga sebab :
- karena najis
- karena hadas besar atau hadas kecil
- karena kehormatan, seperti eudhuk dari buang angin.
Babi disini dikiaskan dengan anjing karena keadaannya lebih buruk serta babi haram dimakan sama dengan anjing.

g. Bagian badan hewan yang di ambil dari tubuhnya ketika hidup. Bagian-bagian badan hewan yang diambil ketika hidup, seperti bangkainya, maksudnya jika bangkainya najis, yang dipotong itu juga najis seperti babi, anjing. Jika bangkainya suci yang dipotong sewaktu hidupnya suci pula seperti yang diambil dari ikan hidup. Terkecuali bulu hewan yang halal dimakan hukumnya suci. al-Quran ayat An-Nahl ayat 80: ''Dari bulu-bulu binatang, baik yang berupa bulu domba dan bulu unta atau berupa bulu kambing, semua boleh dipakai untuk perkakas rumah tangga. Kulit bangkai terkecuali  babi dan anjing dapat disucikan dengan jalan menyamak. Demikian arak, apabila telah menjadi cuka, ia jadi suci dengan syarat-syarat menjadi cuka,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar