Halaman

Sabtu, 27 Oktober 2012

Berbakti kepada orang Tua

TJH 468*60
Language Line Services
LinkShare_125x125ButtonV2


Bahagiakanlan orang tua Anda

                Dalam kehidupan ini, tidak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan cinta yang tulus dan kebaikan yang berlimpah dari orang tua. Mereka berdua adalah orang-orang yang telah membuat seseorang terlahir dalam kehidupan ini. Mereka berdua juga telah mengurusnya dengan penuh kesungguhan dan segenap kemampuan serta bekerja untuk memberikan ketenangan kepadanya sampai ia dewasa. Maka, hal yang paling mulia bagi seseorang adalah mengurusi keduanya sebagaimana mereka berdua telah mengurusinya dan bisa berbuat baik kepda keduanya saat mereka lanjut usia, sebagaimana diperintahkan oleh Allah Swt.
        Dan Tuhanmu telah memberikan ketetapan,’’ janganlah kalian menyembah, kecuali kepada-Nya dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua jika ternyata salah seorang atau keduanya telah lanjut usia, maka janganlah kamu berkata “Uh”  kepada keduanya dan jangan pula kamu menghardik keduanya dengan dan berkatalah kepada mereka berdua dengan perkataan yang mulia. Rendahkanlah olehmu kepada keduanya sayap kehinaan lantaran kasih keduanya. ‘ wahai Tuhanku, berikanlah kasih sayang kepada keduanya sebagaimana mereka berdua juga senantiasa menyayangiku ketika aku masih kecil.’ (QS.Al-Isra’, 17:23-24).
        Rasulullah Saw bersabda,’’ berbuat baiklah kepada orang tua kalian, niscaya anak-anak kalian juga akan berbuat baik kepada kalian,’’ (H.R . Tabrani).
        Beliau juga bersabda,’’ Barangsiapa yang berbuat baik kepada orang tuanya, niscaya ia akan mendapatkan kebahagiaan dan Allah akan memanjangkan umurnya.” (H.R. thabrani)
        Ibnu Umar r.a. pernah melihat seorang laki-laki sedang thawaf fi ka’bah sambil menggendong ibunya di pundaknya. Ia lantas bertanya, “wahai Ibnu Umar, apakah kamu melihat jika aku telah membalas kebaikan ibuku?” Ibnu Umar menjawab, “ Tidak, dan tidak cukup hanya dengan satu hela nafas yang panjang! Akan tetapi, kamu telah berbuat baik dan Allah akan selalu memberikan balasan yang besar dari sedikit hal yang bisa kamu lakukan.
”Apakah amal perbuatan yang lebih disukai oleh Allah? Jawab Rasulullah saw: berbakti kepada ibu bapa. Kemudian apalagi? Jawabnya: ”Jihad fisabilillah.” (Hadits Bukhari Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar